Jadwal Imsakiyah Bulan Ramadhan Tahun 2020 / 1441 H Kab. Cianjur

Bulan yang paling ditunggu umat Islam sedunia akan tiba sebentar lagi dan tanpa terasa sudah akan tiba pada akhir bulan April 2020 ini. Meski saat ini dunia sedang mengalami pandemi corona COVID-19 yang semakin merebak hingga ke lebih dari 200 negara secara global. Namun begitu, kita sebagai umat muslim masih antusias dalam menyambut dan menjalankan bulan puasa.

Ramadhan adalah salah satu bulan yang mulia bagi umat muslim yang selalu dirindukan kehadirannya. Selama sebulan penuh, umat Islam akan melakukan puasa mulai dari terbit matahari hingga petang di saat matahari telah terbenam. Setiap malamnya umat muslim akan melaksanakan sholat berjamaah atau yang lebih sering di kenal dengan sholat tarawih.

Selain sholat tarawih berjamaah, umat muslim juga sering melakukan kegiatan membaca Al-Qu’ran hingga larut malam. Kebiasaan budaya di Indonesia juga adalah menyelenggarakan atau berbuka puasa bersama anggota keluarga, teman- teman dan rekan- rekan kantor. Hanya saja untuk saat ini, kegiatan yang menjadi kegiatan suka cita dalam berbuka puasa untuk sementara ditangguhkan demi untuk mencegah penyebaran coronavirus lebih luas lagi.

Kewajiban ibadah berpuasa bagi umat muslim

Setiap umat muslim yang sudah akil baligh pasti diwajibkan untuk melaksanakan ibada puasa. Puasa sendiri menurut pengertian dari bahasa adalah menahan diri dari melakukan perbuatan mulai dari segala sesuatu yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga saat matahari terbenam dengan disertai niat dan syarat tersendiri. Jenis puasa juga terbagi dua, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Sedangkan jenis- jenis puasa wajib sendiri adalah puasa di bulan ramadhan, puasa nazar dan juga puasa kifarat.

Puasa Ramadhan adalah ibadah puasa yang wajib yang hanya di laksanakan selama satu bulan di bulan Ramadhan saja. Hukum puasa ini adalah fardu ‘ain bagi setiap pemeluk agama Islam yang sudah baligh dan berakal. Sebagaimana firman Allah mengenai kebawajiban berpuasa yang bisa kita ketahui dari surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi ” Hai orang- orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang- orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Ketentuan waktu imsak

Umat muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah imsak atau imsakiyah. Pengertian imsak sendiri diambil dari bahasa Arab yakni amsaka yumsiku imsak yang berarti atau bermakna menahan. Dengan pengertian menahan ini berarti bahwa sejak waktu imsak atau imsakiyah adalah merupakan waktu dimulainya dalam menahan segala hal- hal yang dapat membatalkan puasa.

Syarat wajib untuk berpuasa

Tujuan melakukan puasa adalah agar umat muslim yang menjalankannya menjadi orang yang bertaqwa pada Allah dan juga turut merasakan penderitaan orang- orang yang tidak mampu hingga menimbulkan rasa keinsyafan dan rendah hati dalam memahami dan menyantuni mereka yang tidak mampu tersebut. Selain itu hikmah berpuasa adalah belajar untuk menahan hawa nafsu dari perbuatan buruk tercela dan mengundang dosa.

Adapun syarat- syarat wajib untuk melaksanakan ibadah puasa ini adalah :

  1. Islam
  2. Baligh
  3. Berakal
  4. Kuat berpuasa

Selain itu kita juga harus memahami rukun menjalankan puasa seperti :

  • Berniat yang bisa diucapkan pada malam hari
  • Menahan diri dari segala yang dapat membatalkan puasa sejak mulai terbit fajar hingga berbuka puasa pada saat matahari terbenam.

Berpuasa di tengah pandemi COVID-19

Mengingat keputusan resmi yang dikeluarkan pemerintah, maka sebaiknya kita juga turut untuk mengikuti keputusan dan peraturan tersebut seperti :

  • Tidak pulang mudik
  • Tidak berkumpul dengan lebih dari 2 orang
  • Melakukan dan melaksanakan semua ibadah dari rumah

Memang tidak mudah untuk menjalankannya mengingat budaya Indonesia yang selalu melakukan pulang mudik untuk bertemu keluarga sekali setahun dan juga melakukan kunjungan silahturahmi saat lebaran, tetapi semua ini harus kita sekat dan batasi untuk sementara waktu demi memutus rantai penyebaran virus corona COVID-19 yang berbahaya dan mengancam ini.

Jadwal Imsakiyah bulan Ramadhan Tahun 2020/1441 Hijriyah di Kabupaten Cianjur

Jadwal puasa tahun 2020 ini akan jatuh pada hari Jum’at tanggal 24 April 2020 yang menandakan hari pertama bagi seluruh umat muslim Indonesia untuk menjalankan ibadah puasa mereka. Sedangkan akhir puasa atau Ramadhan akan jatuh pada hari Sabtu, 23 Mei 2020. Berikut ini jadwal berpuasa untuk kabupaten Cianjur.

Semoga Jadwal Imsakiyah Bulan Ramadhan Tahun 2020 / 1441 H ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *